1.1.5. Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Â
Sasaran yang ingin dicapai untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan adalah mencapai target sebagai berikut :
- 1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang Peternakan dan mempunyai jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan spesifikasi :
Â
- IPK lulusan > 3,00 dan meningkat setiap tahunnya b. Lama masa studi tepat waktu (8 semester)
Â
- Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (TOEFL minimal 400)
Â
- Menguasai aplikasi komputer dan teknologi informasi
Â
- Mempunyai kemampuan dalam berwirausaha dengan dibuktikan sertifikat kelulusan pelatihan kewirausahaan dan soft skills.
Â
- Menciptakan iklim ilmiah yang kondusif yang mendukung dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang ditandai dengan peningkatan jumlah penelitian, publikasi ilmiah, kegiatan pengabdian dengan target sebagai berikut:
Â
Â
BAN-PT: Borang Akreditasi Program Studi Peternakan Kampus II Payakumbuh Unand, 2017Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 5
Â
- Minimal satu judul penelitian per dosen per tahun yang didanai baik oleh
Â
DIKTI maupun kerjasama dengan instansi lain,
Â
- Minimal satu publikasi ilmiah per dosen per tahun baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun internasional.
- Minimal satu makalah ilmiah per dosen per semester yang disajikan pada seminar nasional maupun internasional.
- Mengadakan acara kegiatan ilmiah berupa seminar, lokakarya atau pelatihan tingkat lokal atau nasional minimal satu kali per tahun.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat minimal satu kali tiap semester melalui pendanaan dari DIKTI, pemerintah daerah atau industri.
- Peningkatan animo masyarakat untuk mendalami ilmu peternakan, yang ditandai dengan peningkatan rasio penerimaan sebagai berikut:
- Meningkatnya rasio penerimaan mahasiswa dari 1:4 menjadi 1:6 pada tahun ke-5.
- Meningkatnya rasio mahasiswa berasal dari luar daerah Payakumbuh dan 50 Kota dari 1:6 pada tahun pertama menjadi 1:2 pada tahun ke 5.
Â
Pada Tabel 1.1 disajikan ringkasan sasaran dan indikator kinerja selama 5
Â
Â
|
tahun.
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Tabel 1.1. Sasaran dan indikator kinerja selama 5 tahun
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
No
|
Sasaran
|
Â
|
Â
|
Â
|
Indikator kinerja
|
Â
|
Â
|
Â
|
2015/16
|
Â
|
2016/17
|
Â
|
2017/18
|
Â
|
2018/19
|
Â
|
2019/20
|
Â
|
Â
|
Â
|
1
|
Rataan IPK
|
Â
|
3,22
|
Â
|
3,24
|
Â
|
3,26
|
Â
|
3,28
|
Â
|
3,30
|
2
|
Masa studi (semester)
|
Â
|
8
|
Â
|
8
|
Â
|
8
|
Â
|
8
|
Â
|
8
|
3
|
Rataan skor TOEFL
|
Â
|
385
|
Â
|
395
|
Â
|
400
|
Â
|
405
|
Â
|
410
|
4
|
Rasio keketatan seleksi
|
Â
|
1:5
|
Â
|
1:6
|
Â
|
1.7
|
Â
|
1:8
|
Â
|
1:9
|
5
|
Rataan kegiatan
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
penelitian/dosen/tahun
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
6
|
Rataan publikasi tiap
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
dosen per tahun
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
7
|
Jumlah makalah disajikan
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
pada seminar nasional
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
maupun internasional per
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
tahun
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
9
|
Rataan kegiatan
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
1
|
Â
|
pengabdian tiap dosen
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
per semester
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
|
Â
Strategi pencapaian:
Â
Strategi yang akan dilaksanakan dan diupayakan oleh prodi Peternakan Kampus II Payakumbuh untuk mencapai sasaran tersebut di atas antara lain adalah : 1. Penyempurnaan kurikulum untuk membekali mahasiswa dengan penguasaan
Â
Â
BAN-PT: Borang Akreditasi Program Studi Peternakan Kampus II Payakumbuh Unand, 2017Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 6
Â
pengetahuan dasar di bidang peternakan (ilmu kimia, matematika, biologi, ekonomi dan sosiologi), ilmu penunjang (kewirausahaan, bahasa Inggris, komputer), serta penguasaan teori-teori dasar dan praktis dalam bidang teknologi produksi ternak, nutrisi dan teknologi pakan, teknologi hasil ternak dan bisnis peternakan.
- Menyelenggarakan kuliah dalam kelas kecil dengan sistim Student Center Learning (SCL) dan Problem Based Learning (PBL).
- Memberikan porsi penugasan dan kerja praktek yang lebih banyak sehingga mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri, bekerja keras, tidak hanya mengandalkan materi pada saat prosesperkuliahan serta banyak menggunakan teknologi informasi dan bahasa Inggris.
Â
- Mewujudkan program studi yang memiliki keunggulan khusus melalui contextual and problem based learning.
- Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasi pada Jurnal Ilmiah Terakreditasi nasional minimal 1 karya per semester dan internasional terindex minimal 1 karya per tahun untuk setiap dosen,
- Melaksanakan kegiatan ilmiah di kampus II Payakumbuh berupa seminar, workshop, lomba karya ilmiah dan lokakarya.
- Mewujudkan pembangunan laboratorium terpadu dan teaching farm untuk melayani kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memelihara beragam jenis ternak yang dikelola dalam bentuk usaha peternakan terpadu.
Â
- Pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan akademik dan penelitian.
- Meningkatkan kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan industri dan instansi terkait, terutama yang ada di daerah Payakumbuh dan sekitarnya, seperti Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Padang Mengatas, Balai Penyidikan Penyakit Veteriner (BPPV) Baso dan Politeknik Pertanian, sehingga kurikulum dapat disusun sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja dan menjawab tantangan kedepan.
Â
- Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat tiap semester baik berupa sosialisasi ke SMA/SMK maupun ke masyarakat dalam bentuk penerapan dan penyebarluasan teknologi dan manajemen usaha peternakan yang tepat guna dan praktis untuk meningkatkan animo calon mahasiswa untuk masuk ke prodi peternakan.
Â
- Pelatihan keterampilan teknis kewirausahaan, pelatihan kepemimpinan, melibatkanmahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
Â
Â
BAN-PT: Borang Akreditasi Program Studi Peternakan Kampus II Payakumbuh Unand, 2017Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 7
Â
(magang) untuk meningkatkan kemampuan penguasaan soft skill mahasiwa dan lulusan melalui kegiatan baik di dalam maupun diluar kelas.
- Mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar kampus berupa lomba-lomba karya limiah di tingkat daerah dan nasional, pekan olah raga, seminar, pekan seni, kemah bakti dan lainnya.
Â
1.2 Sosialisasi
Â
Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan prodi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Â
Upaya penyebaran visi, misi, dan tujuan prodi dilakukan dengan cara:
Â
- Pembuatan spanduk/banner visi, misi, dan tujuan Prodi dan memajangnya di depan sekretariat prodi serta di papan-papan pengumuman
- Sosialisasi visi, misi dan tujuan prodi dimuat di web Fakultas (http://faterna.unand.ac.id).
- Sosialisasi pada dewan dosen dan mahasiswa disampaikan dalam berbagai pertemuan di tingkat prodi, bagian, dan fakultas.
- Sosialisasi melalui penyampaian dalam rapat-rapat prodi dan fakultas, terutama dalam rapat kerja pimpinan, lokakarya penyusunan/revisi kurikulum.
- Sosialisasi kepada mahasiswa disampaikan dalam Acara Bimbingan Aktivitas Kehidupan Akademik dan Kemahasiswaan Perguruan Tinggi (BAKTI) bagi mahasiswa baru.
Â
- Pembuatan dan penyebaran leafleat yang dibagikan saat kunjungan lapangan dan pada pameran atau/expo.
Â
Â
Visi, misi dan tujuan prodi dipahami dengan baik oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Pemahanan visi dan misi ini dapat dilihat dari motivasi dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar serta kinerja dari dosen dalam bidang Tridarma Perguruan Tinggi dan juga kinerja dari tenaga kependidikan.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â