14 Mahasiswa Faterna Unand Lolos Program MSIB Dikti Batch 3

Padang, Fakultas Peternakan (18/8/22). Sebanyak 14 orang mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 3 Tahun 2022. Mahasiswa tersebut terdiri dari 12 orang mahasiswa Prodi S1 Peternakan Kampus Utama Padang dan 2 orang mahasiswa Prodi Peternakan Kampus 2 Payakumbuh.

Sebanyak 13 mahasiswa akan mengikuti magang selama satu semester pada Semester Ganjil 2022/2023 di perusahaan perunggasan mitra Japfa Group. Mahasiswa tersebut mengikuti Program Bertani Untuk negeri (BUN) Batch 5 yang dilaksanakan oleh Yayasan Edufarmer Internasional (JAPFA Group). Mereka akan magang di industri perunggasan di Jawab Barat dan Jawa Timur. Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi ketika melepas secara resmi mahasiswa berangkat ke lokasi magang berharap Program MSIB Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 3 dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa  dalam mengelola ayam ras pedaging dan ayam ras petelur secara komersial. Selain itu, kemampuan berpikir analisis, kemampuan memecahkan masalah dan jejaring mahasiswa juga akan bertambah.

Disamping itu, satu mahasiswa dari Prodi Peternakan Kampus 2 Payakumbuh juga lolos dan didanai Dikti untuk mengikuti MBKM Studi Independen kerjasama Diitjen Dikti dengan PT. Stechoc Robotika Indonesia.

Sebelumnya, pada Semester Genap Tahun 2021/2022 sebanyak 19 orang mahasiswa Fakultas Peternakan juga berhasil lolos dan didanai mengikuti Program MSIB Dikti Program Bertani Untuk Negeri Batch 4. Mahasiswa magang selama satu semester di perusahaan perunggasan di Provinsi Jawa Tengah.

Pada Semester Ganjil 2021/2022 sebanyak 9 orang maahasiswa Faterna Unand ikut Program MSIB Dikti Program BUN3 di Jawa Timur. (Rusfidra, ed)

 

60 Siswa SMK PP Padang Mengatas Kunjungi Faterna Unand

Padang, Fakultas Peternakan. (13/9/22). Sebanyak 60 siswa dan siswa SMK Pembangunan Pertanian Padang Mengatas melakukan kunjungan edukasi ke kampus Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Selasa (13/9/22). Kunjungan siswa SMK PP Padang Mengatas yang didampingi oleh 4 orang guru sekolah tersebur diterima secara resmi di Peternakan Convention Center oleh Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Dr. Rusfidra, S.Pt dan didampingi Sekretaris Prodi S1 Peternakan Dr. Riesy Sriagtula dan Drh. Bobot Putra selaku staf fungsional UPT Edufarm Faterna Unand.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I Faterna Unand menjelaskan profil dan capaian kinerja Fakultas Peternakan serta fasilitas laboratorum dan kandang ternak yang ada di lingkungan kampus. Presentasi dilanjutkan oleh Dr. Riesy yang memaparkan profil dan keunggulan berkuliah di Prodi S1 Peternakan.

Setelah diskusi dan tanya jawab, siswa SMK PP Padang Mengatas melanjutkan kunjungan edukasi ke kandang ayam modern Closed House, kandang sapi potong, kandang kambing perah, kandang ayam petelur, kandang rusa dan lokasi ternak lebah tanpa sengat atau lebah galo-galo. (Rusfidra, red).

Siswa SD IUT Miftahul Huda Lubuk Minturun Berkunjung ke Edufarm Faterna Unand

Padang, Fakultas Peternakan. (19/9/22). Sebanyak 50 orang siswa kelas I dan kelas II SD Islam Unggul Tahfizh Terpadu (IUT) Miftahul Huda Lubuk Minturun Kota Padang yang didampingi oleh 7 orang gurunya melakukan kunjungan edukatif ke fasilitas kandang peternakan di UPT Edufarm Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis, Senin (19/9). Kunjungan tersebut dimaksudkan agar siswa-siswa dapat mengenal hewan ternak secara lebih dekat. Kunjungan edukatif dilakukan di kandang sapi potong, kandang kambing perah, kandang ayam petelur, kandang rusa dan lokasi budidaya lebah tanpa sengat atau lebah galo-galo.

Selama melakukan kunjungan di Edufarm Fakultas Peternakan, rombongan siswa IUT Miftahul Huda didampingi dan mendapatkan penjelasan dari Dosen Fakultas Peternakan dan Tim UPT Edufarm Faterna Unand. Informasi dan edukasi seputar hewan ternak dan manfaat produk ternak untuk kehidupan manusia disampaikan oleh Sekretaris Prodi Peternakan Dr. Riesy Sriagtula, MP, Sekretaris Departemen Teknologi Hasil Ternak Afriyani Sandra S.Pt MSc dan dosen Faterna Qurrata Aini, S.Pt MP. (Rusfidra, red). 

Padang, 13/9/2022. Sebanyak 10 orang mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana akan melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Bersertifikat di Kandang Closed House Teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Kegiatan akan berlangsung selama satu semester. Kegiatan magang di kandang ayam pedaging modern Closed House dapat meningkatkan kompetensi hard skill mahasiswa dalam aspek pengelolaan ayam pedaging. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan dan kompetensi soft skill, antara lain soft skill dalam bidang kepemimpinan (leadership), kemampuan bekerjasama, kemampuan komunikasi, kemampuan membangun jejaring (networking), dan kemampuan kewirausahaan. Materi terkait kompetensi hard skill dalam bidang perunggasan akan disampaikan oleh dosen-dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas dan Tim dari PT Charoen Pokphand Group. Sedangkan, kompetensi soft skil akan diberikan oleh dosen-dosen Fakultas Peternakan yang punya pengalaman dalam bidang tersebut.

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi dalam sambutan selamat datang kepada mahasiswa Fapet Universitas Udayana hari ini di ruang sidang dekanat Faterna, meminta kepada mahasiswa mampu memanfaatkan kesempatan magang yang sangat berharga tersebut. Selain itu, Dekan Faterna periode 2020-2024 tersebut berharap mahasiswa betah selama berkegiatan di Faterna Unand. Dekan Faterna juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan berinteraksi dengan mahasiswa Faterna Unand dan aktif melibatkan diri dalam kegiatan kemahasiswaan di Kampus Ungu tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Dekan I Dr. Rusfidra, S.Pt, Wakil Dekan III Dr. Ir. Rusmana Wijaya Setia Ningrat, M.Rur.Sc, Dr. Fuad Madarisa MSc, Ir. Amrizal Anas, MP dan Reza Andesca Putra S.Pt MPt. Juga hadir PIC Teaching Farm dari Charoen Pokphand Group Area Sumbar M. Arianto S.Pt. (Rusfidra, red).

Wisuda IV, Faterna Unand luluskan 72 Wisudawan

Padang, Faterna Unand. Fakultas Peternakan Universitas Andalas melepas sebanyak 72 wisudawan lulusan Program Magister dan Program Sarjana. Jumlah tersebut terdiri dari 2 orang lulusan Program Magister (S2), 65 orang lulusan Program Sarjana Prodi Peternakan Kampus Utama di Padang, dan 5 orang lulusan Program Sarjana Prodi Peternakan Kampus 2 Payakumbuh. Sebelumnya ke-72 wisudawan tersebut diwisuda oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri. Pada wisuda periode IV tahun 2022 Universitas Andalas melepas sebanyak 1.635 orang wisudawan dan wisudawati lulusan Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor.

“Alhamdulillah, hari ini kita melepas 1.635 wisudawan dan wisudawati. Kami ucapkan selamat kepada ananda dan keluarga atas pencapaiannya setelah menempuh pendidikan di Universitas Andalas,” ucap Rektor Yuliandri pada prosesi wisuda IV tahun 2022, Sabtu (10/9) di Auditorium Universitas Andalas Kampus Limau Manis. Rektor Unand mengharapkan lulusan Universitas Andalas bisa menggunakan ilmu yang diperoleh selama belajar di kampus dapat digunakan untuk kemaslahatan orang banyak. Selain itu, imbuhnya, sabagai sarjana, para lulusan Universitas Andalas ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

“Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat. Oleh karena itu, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka-lah terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah,” ujarnya. Ia mengingatkan para wisudawan dalam menapaki kehidupan nyata setelah ini, menjadikan hasil pembelajaran dan pengalaman selama menjalani perkuliahan di Universitas Andalas sebagai modal untuk dikembangkan. “Pengalaman di Universitas Andalas baru sebatas modal awal yang mesti saudara kembangkan, sehingga saudara semua menjadi seorang intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dengan kompetensi yang diakui,” katanya.

Untuk itu, katanya, teruslah mengembangkan diri, dan jangan takut akan kegagalan, karena gagal adalah pelajaran sangat berharga untuk sebuah kesuksesan. “Jangan pernah berhenti jika anda tersandung kegagalan, sebab jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses maka kegagalanlah yang akan menjadi garis takdir saudara,” sambungnya. Rektor Yuliandri mengharapkan alumni Universitas Andalas yang sudah dinyatakan lulus lewat prosesi wisuda hari ini, bisa memanfaatkan ilmunya dengan baik, guna bersaing di dunia kerja, ataupun jika berkeinginan menjadi entrepreneur dengan membuka usaha sendiri. “Lulusan Universitas Andalas dengan ilmu yang sudah didapatkan dan pengalaman di bangku kuliah, saya yakin punya kompetensi yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja,” ujarnya.

Sementara itu, pada prosesi Wisuda IV Fakultas Peternakan yang digelar di Gedung Peternakan Convention Center, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal MSi mengucapkan Selamat kepada seluruh wisudawan dan keluarga atas keberhasilan menamatkan pendidikan Sarjana dan pendidikan Magister di Fakultas Peternakan. Semoga ilmu pengetahuan yang diperoleh di kampus dapat dimanfaatkan sebagai modal dasar saudara meniti karir di masa depan.  Selain itu, Ia berharap, alumni Faterna Unand mampu bersaing di pasar kerja atau menjadi wirausahawan baru dalam bidang peternakan atau bidang terkait lainnya. 

Pada kesempatan wisuda IV, Dekan Faterna juga menyerahkan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik, wisudawan yang lulus dengan predikat Pujian dan wisudawan bintang aktivis kampus (BAK). Wisudawan lulusan terbaik Prodi S2 Ilmu Peternakan adalah Hurriya Alzahra S.Pt MPt, lulus dengan predikat Pujian, IPK 3,98, dan lama studi 1 tahun 1 bulan. Lulusan terbaik Program Sarjana adalah Rizka, S.Pt, lulus dengan predikat Pujian, IPK 3,89, lama studi 4 tahun. Selain itu, sebanyak 2 lulusan Prodi S2 dan 27 lulusan Prodi S1 Peternakan lulus dengan predikat Pujian.

Pada kesempatan tersebut Dekan Faterna juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 23 wisudawan bintang aktivis kampus, antara lain: Dafiq Naskar, S.Pt (Gubernur BEM Faterna dan Juara I Lomba Debat Tingkat Nasional pada TIMPIWIL di Medan Tahun 2022), Kurnia Badyu Ilahi S.Pt (peserta Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bertani Untuk Negeri (BUN3) kerjasama Faterna dengan Yayasan Edufarmer Internasional (Group Japfa), dan Siska Andriani S.Pt (peserta Program MBKM Pangan Halal kerjasama dengan Badan POM RI dan Program MBKM E-Commerce). 

Pada Wisuda IV juga hadir pengurus alumni IKA Faterna yang diwakili oleh Febriyon S.Pt, MPt. Dalam sambutannya, alumni Faterna Unand yang juga pemilik usaha peternakan kambing perah Ranting Ameh tersebut mengucapkan selamat bergabung dan menjadi anggota alumni Faterna. Semoga saudara sukses berkarir dimanapun berada, ujarnya. Ia berharap kepada alumni baru untuk tetap memikirkan pengembangan komoditi peternakan. (Rusfidra).

Link terkait: Universitas Andalas - Wisuda IV, Unand Lepas 1.635 Wisudawan

Dosen Departemen Teknologi Produksi Ternak Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Payakumbuh

Payakumbuh (3/9/22). Sejumlah dosen Departemen Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas turun ke masyarakat melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat. Kali ini ada dua kelompok peternak yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian yaitu, Kelompok Peternak itik di Jorong Kampung Tangah Nagari Andaleh, dan Kelompok Peternak Sapi Perah Jorong Subaladung Nagari Sungai Kamunyang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota.  

Kegiatan pengabdian masyarakat di Nagari Andaleh dihadiri oleh sekitar 25 peternak itik yang mengaku beberapa waktu belakangan ini sering mendapati ternak itik yang dipeliharanya banyak yang mati. Kegiatan PKM yang dilaksanakan di Mushala Baburahman tersebut dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan presentasi singkat oleh pakar ternak itik dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Secara umum persoalan-persoalan yang sering dihadapi oleh peternak itik mampu dijelaskan dan dicarikan solusinya dengan baik, antara lain terkait cara budidaya beternak itik yang baik, cara menyusun pakan itik berbasis bahan pakan lokal, soal penyakit pada itik, soal prospek berbisnis itik sampai pada teknologi penetasan dan pembibitan itik. Tim dosen PKM dari Faterna Unand terdiri dari Dr. Sabrina, Dr. Hendri Dt. Tumanggung Nan Hitam, Dr. Tertia Delia Nova, Dr. Drh. Yulia Yelita, Dr. Firda Arlina, Dr. Rusfidra, Linda Suhartati, MSi dan Ananda MSi.   

Ketua Kelompok Peternak itik Nagari Andaleh mengaku sangat berterimakasih atas kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Peternakan Unand. Beliau berharap agar Tim pakar dari Faterna Unand tetap berkenan berbagi pengetahuan dan meningkatkan keterampilan peternak itik disana, terutama dalam penyusunan pakan ternak itik berbasis bahan pakan lokal, upaya mencegah angka kematian  yang tinggi dan kasus penyakit pada ternak itik yang sering terjadi.

Selain itu, Kegiatan pengabdian masyarakat di Kelompok Sapi Perah Jorong Subaladung Nagari Sungai Kamuyang juga berlangsung penuh semangat dan antusias peternak sapi perah yang tinggi. Materi tentang budidaya sapi perah yang baik disampaikan oleh pakar ternak perah dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas, antara lain Dr. Arief, Prof. Dr. Elly Roza, Prof. Dr. Salam N. Aritonang, Dr. Hilda Susanti dan juga mendapat dukungan penuh dari dosen dari Departemen Teknologi Produksi Ternak antara lain Dr. Masrizal, Dr. Azhar, Dr. Tinda Afriyani, Dr. Lendrawati, Dr. Ferry Lismanto, Ir. Mangku Mundana MP, Rusdimansyah, MSi, Elly Ratni, MP, Adisti Rastosari, MSc, Syafrinanda MSi dan Rizqan, MPt. 

Dr. Ir. Masrizal, MS selaku Ketua Departemen Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Peternakan berharap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen sebagai salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi rutin dilaksanakan oleh para dosen. Melalui kegiatan PKM diharapkan terjadi transfer pengetahuan dan transfer teknologi dari perguruan tinggi ke masyarakat, khususnya kelompok-kelompok peternak yang ada di masyarakat. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat mampu mencerdaskan masyarakat. Semoga. (Rusfidra, 3/9/22).    

 

 

Kamis, 01 September 2022 13:15

Kurikulum Prodi S2 Ilmu Peternakan By Riset

Program S2 Ilmu Peternakan Jalur Penelitian (By Research)

Program Magister Ilmu Peternakan jalur penelitian ( by Research) memiliki beban studi yang harus ditempuh sejumlah 36 (empat puluh) SKS yang terdiri atas: a. Kegiatan perkuliahan sebanyak 9 (Sembilan) SKS; dan b. Kegiatan penelitian, seminar, publikasi, dan tesis sebanyak 27 (tiga puluh empat) SKS.

 

Program MBKM Entrepreneurship Training Center (ETC) Tahun 2022 Resmi Dibuka oleh Presiden Direktur Charoen Pokphand Indonesia

Padang. 31/8/2022. Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia Dr. HC. Thomas Effendi MBA pagi ini secara resmi meluncurkan dan membuka secara resmi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Entreprenurship Training Center (ETC). Peluncuran dilakukan dalam meeting virtual yang juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi, Dekan Fapet UGM, Dekan Fapet UNDIP dan Dekan Fapet UNPAD. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekjen Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) Ibu Andi Magdalia Siadori SH MH, Bapak Ir. Syafri Afriansyah selaku Ketua Tim Pengelola Program ETC, Pimpinan Charoen Pokphand Group,  Head Manajer Area Sumatera Barat, dan Pimpinan PT BISI Internasional. Selain itu, hadir juga mahasiswa Program MBKM ETC dari empat fakultas Peternakan di Indonesia yang tahun ini diberikan kesempatan oleh CPFI untuk mengikuti Program ETC. Alhamdulillah sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas lolos seleksi dan akan mengikuti Program MBKM ETC selama satu semester. Program MBKM ETC akan direkognisi sebesar 20 sks.     

Presdir PT CPI Dr. HC. Thomas Efendi berharap Program ETC sebagai salah satu kegiatan CSR PT CPI dapat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Peternakan untuk praktek magang di industri perunggasan dan industri pendukungnya, mulai dari sektor hulu, sektor tengah (budidaya ayam pedaging dengan kandang modern Closed House System) sampai sektor hilir (pasca panen, dan pemasaran). Mahasiswa peserta ETC juga akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dari praktisi perunggasan. Selain dapat  meningkatkan kompetensi hard skill, peserta ETC 2022 juga mendapatkan materi tentang soft skill, antara lain materi tentang leadership, skill komunikasi, kemampuan membangun jejaring, kemampuan wawancara dll. 

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Adrizal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Presdir Charoen Pokphand Indonesia yang pada tahun ini untuk pertama kali mahasiswa Faterna Unand diikutkan dalam Program MBKM ETC 2022. Sebanyak 20 mahasiswa Faterna Unand akan mengikuti program selama satu semester. Program MBKM ETC diyakininya akan sangat bermanfaat untuk mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi hardskill dan soft skill mahasiswa. Semoga Program ETC 2022 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (Rusfidra).

 

Padang, 31 Agustus 2022. Fakultas Peternakan Universitas Andalas bekerjasama dengan PINSAR Indonesia dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat akan menyelenggarakan Seminar Nasional Ayam dan Telur tahun 2022. 

Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai instansi dan lembaga seperti FAO, ISPI, PDHI, ASOHI, MIPI-WPSA, STIPER Sijunjung, dan Univ. Tamansiswa.

Kegiatan Seminar Nasional ini bertemakan : Kontribusi Ayam dan Telur dalam Penyediaan Protein Hewani untuk Menciptakan Masyarakat yang Sehat dan Tangguh. Kegiatan akan dilaksanakaan pada Kamis, 22 September 2022 di Peternakan Convention Center (PCC) Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang.

Acara seminar diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Ayam dan Telur Nasional serta Hari Telur Sedunia (World Egg Day) yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2022. Acara akan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Audi Joinaldi. 

 

Seminar ini akah menghadirkan Keynote Speaker yaitu 

  1. Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc (Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
  2. Mr. Look Schoonman (Chief Technical Advisor dari FAO Indoensia)
  3. Singgih Januratmoko, S.K.H, M.M (Ketum PINSAR Indonesia, Anggota DPR RI)

dan juga mengundang Invited Speaker :

  1. Prof. dr. Nur Indrawati Lipoeto, MSc, PhD, SpGK (Ahli Gizi, Fakultas Kedokteran Unand)
  2. Ir. Efendi, M.P. (Kadis Pangan Sumbar)
  3. Dr. Rusfidra, S.Pt, MP (Fakultas Peternakan Unand)

Kegiatan seminar dilaksanakan secara Hybrid (online dan offline). Seminr dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu sesi pertama penyampaian materi oleh keynote dan invited speaker dan siangnya dilanjutknya dengan sesi penyampaian makalah secara paralel.

Informasi dan Registrasi Pendaftaran:

Registrastion Link: https://bit.ly/Pendaftaran-SemnasAyamTelur2022

Contact Person:
Ananda, M. Si (+62853-1260-6584)

Dekan Faterna Sosialisasikan Program MBKM Entrepreneur Trainin Center (ETC) Kerjasama dengan Charoen Pokphand Foundation Indonesia  

 

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi melakukan Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  Magang Bersertifikat Entrepreneur Training Center (ETC). Sosialisasi dilakukan melalui virtual meeting yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Meeting dilakukan sebagai bagian konsolidasi dan persiapan pelaksanaan Kegiatan MBKM Magang Bersertifikat Kerjasama Faterna Unand dengan Charoen Pokphand Foundation Indonesia . Insha Allah Faterna mendapat kuota sebanyak 20 peserta mahasiswa. Kegiatan akan berlangsung pada Semester Ganjil 2022 dan besok akan dibuka secara resmi. Selain dari Faterna Unand kegiatan ini juga akan diikuti oleh mhs Fapet UGM, Fapet UB, Fapet Undip dan Fapet UNPAD. Semoga kegiatan berjalan lancar. #IKU 2 Unand. (29/8/2022). (Rusfidra).