Siswa SMAN 2 Tapung Hilir Provinsi Riau Kunjungi Faterna Unand

Sebanyak 167 siswa SMA Negeri Tapung Hilir Provinsi Riau melakukan studi lapang ke Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Kunjungan siswa kelas 12 Jurusan IPA dan IPS tersebut turut didampingi oleh 8 orang guru SMAN 2 Tapung Hilir. Kunjungan tersebut diterima secara resmi di Peternakan Convention Center Fakultas Peternakan oleh Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Dr. Rusfidra, S.Pt; Wakil Dekan II Dr. Ir. Firda Arlina, MSi; Kaprodi S1 Peternakan Dr. Kusnadidi Subekti, S.Pt,; Sekretaris Prodi S1 Peternakan Dr. Riesy Sriagtula; Ketua UPT Edufarm Dr. Ir. Arfai, MS dan Sekretaris Departemen Teknologi Produksi Ternak Dr. Hilda Susanti, S.Pt MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Kaprodi S1 Peternakan mempresentasikan profil Prodi S1 Peternakan, cara pembelajaran di perguruan tinggi dan lapangan kerja yang ditekuni oleh lulusan Fakultas Peternakan. Selain itu, juga dipresentasikan makalah pengenalan ayam Kokok Balenggek sebagai ayam lokal penyanyi di Sumatera Barat. Presentasi dilakukan oleh Dr. Rusfidra, S.Pt. Setelah itu, dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dari siswa SMAN 2 Tapung Hilir. Sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke daerah, siswa melakukan kunjungan singkat ke kandang rusa dan farm lebah galo-galo yang ada di UPT Edufarm Fakultas Peternakan Universitas Andalas. (Rusfidra, 29/11).

Sertifikat Akreditasi Institusi Universitas Andalas.

Sertifikat Akreditasi Prodi S1 Peternakan, S1 Peternakan Kampus Payakumbuh, S2 Ilmu Peternakan dan S3 Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas. 

SK Dekan Gugus Penjaminan Mutu dan Gugus Kendali Mutu di Fakultas Peternakan Universitas Andalas Tahun 2022   

14 Mahasiswa Faterna Unand Lolos Program MSIB Dikti Batch 3

Padang, Fakultas Peternakan (18/8/22). Sebanyak 14 orang mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 3 Tahun 2022. Mahasiswa tersebut terdiri dari 12 orang mahasiswa Prodi S1 Peternakan Kampus Utama Padang dan 2 orang mahasiswa Prodi Peternakan Kampus 2 Payakumbuh.

Sebanyak 13 mahasiswa akan mengikuti magang selama satu semester pada Semester Ganjil 2022/2023 di perusahaan perunggasan mitra Japfa Group. Mahasiswa tersebut mengikuti Program Bertani Untuk negeri (BUN) Batch 5 yang dilaksanakan oleh Yayasan Edufarmer Internasional (JAPFA Group). Mereka akan magang di industri perunggasan di Jawab Barat dan Jawa Timur. Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi ketika melepas secara resmi mahasiswa berangkat ke lokasi magang berharap Program MSIB Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 3 dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa  dalam mengelola ayam ras pedaging dan ayam ras petelur secara komersial. Selain itu, kemampuan berpikir analisis, kemampuan memecahkan masalah dan jejaring mahasiswa juga akan bertambah.

Disamping itu, satu mahasiswa dari Prodi Peternakan Kampus 2 Payakumbuh juga lolos dan didanai Dikti untuk mengikuti MBKM Studi Independen kerjasama Diitjen Dikti dengan PT. Stechoc Robotika Indonesia.

Sebelumnya, pada Semester Genap Tahun 2021/2022 sebanyak 19 orang mahasiswa Fakultas Peternakan juga berhasil lolos dan didanai mengikuti Program MSIB Dikti Program Bertani Untuk Negeri Batch 4. Mahasiswa magang selama satu semester di perusahaan perunggasan di Provinsi Jawa Tengah.

Pada Semester Ganjil 2021/2022 sebanyak 9 orang maahasiswa Faterna Unand ikut Program MSIB Dikti Program BUN3 di Jawa Timur. (Rusfidra, ed)

 

60 Siswa SMK PP Padang Mengatas Kunjungi Faterna Unand

Padang, Fakultas Peternakan. (13/9/22). Sebanyak 60 siswa dan siswa SMK Pembangunan Pertanian Padang Mengatas melakukan kunjungan edukasi ke kampus Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Selasa (13/9/22). Kunjungan siswa SMK PP Padang Mengatas yang didampingi oleh 4 orang guru sekolah tersebur diterima secara resmi di Peternakan Convention Center oleh Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Dr. Rusfidra, S.Pt dan didampingi Sekretaris Prodi S1 Peternakan Dr. Riesy Sriagtula dan Drh. Bobot Putra selaku staf fungsional UPT Edufarm Faterna Unand.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I Faterna Unand menjelaskan profil dan capaian kinerja Fakultas Peternakan serta fasilitas laboratorum dan kandang ternak yang ada di lingkungan kampus. Presentasi dilanjutkan oleh Dr. Riesy yang memaparkan profil dan keunggulan berkuliah di Prodi S1 Peternakan.

Setelah diskusi dan tanya jawab, siswa SMK PP Padang Mengatas melanjutkan kunjungan edukasi ke kandang ayam modern Closed House, kandang sapi potong, kandang kambing perah, kandang ayam petelur, kandang rusa dan lokasi ternak lebah tanpa sengat atau lebah galo-galo. (Rusfidra, red).

Siswa SD IUT Miftahul Huda Lubuk Minturun Berkunjung ke Edufarm Faterna Unand

Padang, Fakultas Peternakan. (19/9/22). Sebanyak 50 orang siswa kelas I dan kelas II SD Islam Unggul Tahfizh Terpadu (IUT) Miftahul Huda Lubuk Minturun Kota Padang yang didampingi oleh 7 orang gurunya melakukan kunjungan edukatif ke fasilitas kandang peternakan di UPT Edufarm Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Unand Limau Manis, Senin (19/9). Kunjungan tersebut dimaksudkan agar siswa-siswa dapat mengenal hewan ternak secara lebih dekat. Kunjungan edukatif dilakukan di kandang sapi potong, kandang kambing perah, kandang ayam petelur, kandang rusa dan lokasi budidaya lebah tanpa sengat atau lebah galo-galo.

Selama melakukan kunjungan di Edufarm Fakultas Peternakan, rombongan siswa IUT Miftahul Huda didampingi dan mendapatkan penjelasan dari Dosen Fakultas Peternakan dan Tim UPT Edufarm Faterna Unand. Informasi dan edukasi seputar hewan ternak dan manfaat produk ternak untuk kehidupan manusia disampaikan oleh Sekretaris Prodi Peternakan Dr. Riesy Sriagtula, MP, Sekretaris Departemen Teknologi Hasil Ternak Afriyani Sandra S.Pt MSc dan dosen Faterna Qurrata Aini, S.Pt MP. (Rusfidra, red). 

Padang, 13/9/2022. Sebanyak 10 orang mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana akan melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Bersertifikat di Kandang Closed House Teaching Farm Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Kegiatan akan berlangsung selama satu semester. Kegiatan magang di kandang ayam pedaging modern Closed House dapat meningkatkan kompetensi hard skill mahasiswa dalam aspek pengelolaan ayam pedaging. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan dan kompetensi soft skill, antara lain soft skill dalam bidang kepemimpinan (leadership), kemampuan bekerjasama, kemampuan komunikasi, kemampuan membangun jejaring (networking), dan kemampuan kewirausahaan. Materi terkait kompetensi hard skill dalam bidang perunggasan akan disampaikan oleh dosen-dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas dan Tim dari PT Charoen Pokphand Group. Sedangkan, kompetensi soft skil akan diberikan oleh dosen-dosen Fakultas Peternakan yang punya pengalaman dalam bidang tersebut.

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MSi dalam sambutan selamat datang kepada mahasiswa Fapet Universitas Udayana hari ini di ruang sidang dekanat Faterna, meminta kepada mahasiswa mampu memanfaatkan kesempatan magang yang sangat berharga tersebut. Selain itu, Dekan Faterna periode 2020-2024 tersebut berharap mahasiswa betah selama berkegiatan di Faterna Unand. Dekan Faterna juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan dengan berinteraksi dengan mahasiswa Faterna Unand dan aktif melibatkan diri dalam kegiatan kemahasiswaan di Kampus Ungu tersebut. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Dekan I Dr. Rusfidra, S.Pt, Wakil Dekan III Dr. Ir. Rusmana Wijaya Setia Ningrat, M.Rur.Sc, Dr. Fuad Madarisa MSc, Ir. Amrizal Anas, MP dan Reza Andesca Putra S.Pt MPt. Juga hadir PIC Teaching Farm dari Charoen Pokphand Group Area Sumbar M. Arianto S.Pt. (Rusfidra, red).