Items filtered by date: Februari 2017
28 Februari 2017 In Profil

 PENGANTAR

 

 

Laboratorium Bioteknologi Ternak merupakan salah satu laboratorium dilingkungan Fakultas Peternakan Universitas Andalas.  Laboratorium ini  didirikan hasil kerjasama antara Fakultas Peternakan dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan bantuan peralatan dari Negara Spanyol, melalui program Meat Milk Pro. Laboratorium Bioteknologi Ternak diresmikan oleh Ketua LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim pada tanggal 9 Oktober 2013. 

Dalam upaya untuk meningkatkan produksi hasil ternak khususnya di Sumatera Barat melalui program program Meat Milk Pro, laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan penunjang yang mutakhir.  Kompetensi Laboratorium sesuai dengan  peralatan yang tersedia mencakup penunjang penelitian di bidang bio sains molekuler seperti analisis DNA, pengembangan bioteknologi reproduksi molekuler dan  bioteknologi pakan untuk pengujian  bahan pakan serta bioteknologi dibidang  produk peternakan.

Ketersediaan fasilitas Laboratorium yang memadai, baik dari kualitas maupun kapasitas, diharapkan mampu mendorong terciptanya terobosan untuk peningkatan produk peternakan serta upaya diversifikasinya. Selain itu juga dapat membantu untuk meningkatkan atmosfir  pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian yang lebih  terukur baik lingkungan Universitas Andalas maupun di regional.

28 Februari 2017 In Profil

 FALSAFAH, NILAI, PRINSIP DASAR, VISI, MISI DAN TUJUAN

PROGRAM STUDI S2 PETERNAKAN

 

  • LANDASAN FILOSOFIS

Program studi S2 Ilmu Peternakan sebagai penyelenggara program dari lembaga pendidikan  tinggi Program Pascasarjana Universitas Andalas, menyelenggrakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka mejalankan amanat dan cita-cita kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan martabat manusia dan mutu kehidupan berlandaskan iman dan taqwa.

 

  • NILAI-NILAI UTAMA

Dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, civitas akademika pada program studi S2 Ilmu Peternakan wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Etika Moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian
  3. Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis dan efisien
  4. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab
  5. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan global

 

  • PRINSIP DASAR

Program studi S2 Ilmu Peternakan Program Pascasarjana UNAND memiliki prinsip dasar yang dikembangkan sebagai berikut:

  1. Aktualisasi nilai-nilai luhur bangsa serta hakikat penyelenggaraan pedidikan tinggi yang dilandasi oleh ; Ilmu amaliah, amal ilmiah.
  2. Mengacu kepada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan dinamis melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

 

2.4. VISI

Menjadi institusi penyelenggara program penghasil Magister Ilmu Peternakan yang mampu bersaing ditingkat Internasional serta berperan aktif dalam pembangunan dan pengembangan peternakan tropis pada tahun 2025

2.5. MISI

  1. Mengembangkan pendidikan Ilmu Peternakan secara terstruktur dengan kurikulum yang menitikberatkan masalah-masalah peningkatan produktivitas ternak dan penanganannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia yang bertanggungjawab untuk pembangunan Peternakan yang penuh tantangan di daerah tropis.
  2. Melaksanakan penelitian sebagai bagian dari kurikulum dengan fokus pencarian teknologi baru untuk memecahkan berbagai masalah pemanfaatan dan pengelolaan ternak dan bahan pakan untuk Peternakan produktif yang berkelanjutan.
  3. Menyebarluaskan informasi hasil penelitian kepada masyarakat baik nasional maupun internasional mengenai teknologi Peternakan, sehingga terwujud pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.

 

2.6. TUJUAN

  1. Memperluas dan mening Membekali dan menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupannya, sehingga berdisiplin dan bertanggungjawab dalam mencapai kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia untuk pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.
  2. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan yang kuat dalam penguasaan ilmu-Ilmu Peternakan dasar dan terapan, sehingga berkemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan menghasilkan teknologi pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal sebagai landasan pembangunan Peternakan berkelanjutan, dan pembangunan bidang terkait lainnya di daerah tropis, serta secara akademik dapat berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk mengalihkan teknologi pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal kepada masyarakat.
  4. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan studi ke program S3.katkan jaringan kerjasama.

 

2.7.  SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

  1. Tercapainya lulusan magister Ilmu Peternakan yang unggul, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila melalui pelaksanaan pendidikan yang berkualitas, sehingga berdisiplin dan bertanggungjawab dalam mencapai kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia untuk pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang Peternakan melalui penguasaan ilmu-ilmu peternakan dasar, terapan dan mutakhir, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Peternakan melalui penelitian dengan memanfaatkan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal sebagai landasan pembangunan Peternakan berkelanjutan, dan pembangunan bidang terkait lainnya di daerah tropis.
  3. Tersebarnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Peternakan yang unggul dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ilmiah dan peternak secara luas melalui berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional dalam pertemuan ilmiah dan publikasi, dan berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terselenggaranya kegiatan Kerjasama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan dan penelitian ilmu Peternakan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri melalui pendekatan secara individu dan institusi, dan melakukan pengikatan kontrak Kerjasama.

 

 

 

28 Februari 2017 In Profil

KONDISI UMUM DAN ARAH KEBIJAKAN PENGEMBANGAN

PROGRAM STUDI S2 ILMU PETERNAKAN

 

  • KONDISI UMUM PROGRAM STUDI S2 ILMU PETERNAKAN

Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Universitas Andalas berdiri sejak 27 Oktober 1992, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 481/Dikti/Kep/1992. Program Studi ini merupakan Program Studi kedua pada Program Pascasarjana Universitas Andalas.  Sebelumnya Program Studi S2 Ilmu Peternakan bernama Program Studi Ilmu Ternak, dan sejak tahun 2007 melalui SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007 tentang penataan ulang Program Studi di Fakultas Peternakan yaitu sejak dileburnya 4 program studi S1 menjadi 1 program studi yaitu Program Studi S1 Peternakan, maka program studi magister disebut dengan Program Studi S2 Ilmu Peternakan.

Sampai saat ini perkembangan Program Studi S2 Ilmu Peternakan ini masih belum mengalami perkembangan sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan pada saat ini adalah masih rendahnya peminat masuk program studi S2 Ilmu Peternakan setiap tahun. Sementara itu kapasitas dan kualitas dosen, tenaga kependidikan dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar tersedia secara memadai. Dalam menyikapi permasalahan tersebut, maka diperlukan langkah positif, dan konstruktif yang sistematis untuk dapat lebih berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Salah satu upaya meningkatkan jumlah peminat adalah dengan selalu melakukan promosi mengenai kapasitas yang dimiliki oleh program studi S2 Ilmu Peternakan ini dan perannya dalam pengembangan sumberdaya manusia dan pembangunan peternakan yang berkualitas melalui iklan di koran, website, spanduk dan roadshow. Disamping itu juga dilakukan Kerjasama dengan pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan kemampuan staf yang dimilikinya di bidang ilmu Peternakan melalui penawaran pendidikan pada program studi S2 Ilmu Peternakan.

Program studi S2 Ilmu Peternakan ke depan ingin berperan lebih aktif lagi dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia bidang Peternakan yang handal dan mampu bersaing di tingkat nasional.  Disamping itu program studi juga menginginkan keterlibatan yang intens dari sumberdaya manusia yang dihasil program studi ini untuk berperan lebih aktif dalam menggali potensi sumberdaya Peternakan lokal yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dalam pembangunan Peternakan di Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan keinginan tersebut maka disusunlah Rencana Strategis Program Studi S2 Ilmu Peternakan tahun 2009 sampai 2014. Rencana strategis menyajikan permasalahan, faktor pendukung, tujuan strategis, strategi pengembangan, arah kebijakan umum dan program pembangunan peternakan. Dengan demikian diharapkan Rencana Strategis ini dapat menjadi acuan dalam penyelenggaraan Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Universitas Andalas lima tahun ke depan.

  • Arah Kebijakan Pengembangan

Untuk mewujudkan Visi Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Unand menjadi salah satu Program Studi S2 Ilmu Peternakan Yang Terkemuka di Indonesia, maka Program Studi S2 Ilmu Peternakan telah melakukan berbagai upaya dengan menyusun program kerja 5 tahun maupun program kerja 1 tahun, yang merupakan kelanjutan dari Rencana Strategis Program Studi S2 Ilmu Peternakan tahun 2004 – 2008.

Pada tingkat Universitas Andalas, pengelolaan anggaran sudah berobah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) mulai tahun anggaran 2009.  Renstra ini disusun berdasarkan  kebijakan dasar Universitas Andalas pada Renstra Bisnis Universitas   2009 – 2013. Pada Renstra tersebut ditetapkan bahwa Unand untuk periode 2009 – 2013 memiliki   8 (delapan) program strategis dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu : (1) Menghasilkan lulusan yang beradaya saing global, mempunyai spirit kewirausahaan dan mendapat penghargaan dari dunia kerja; (2) Meningkatkan daya tampung dalam rangka pemerataan dan peningkatan akses pendidikan Tinggi; (3) Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan  teknologi dan seni; (4) Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan, hasil penelitian dan bahan ajar kepada masyarakat; (5) Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintah/swasta di dalam dan luar negeri; (6) Mewujudkan masyarakat kampus yang handal dan professional yang didukung oleh budaya ilmiah ; (7) Meningkatkan mutu fasilitas, parasarana, sarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan kondisi akademik yang kondusif; dan (8) meningkatkan pendapatan yang berkelanjutan.

Selain merujuk kepada Renstra Unand, penyusunan Renstra Program Studi S2 Ilmu Peternakan ini juga berdasarkan kepada 3 (tiga ) isu stretegis yang tertuang pada dokumen HELTS (Higher Education Long Term Strategi) 2003-2010 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas yaitu : (1) Daya Saing Bangsa; (2) Otonomi dan Desentralisasi dan (3) Kesehatan Organisasi.

Penyusunan Rencana Strategis Proram Studi S2 Ilmu Peternakan 2009-2014 ini diawali dengan melakukan evaluasi diri untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan untuk mengidendifikasi Isu Strategis. Isu-Isu  Strategis tersebut selanjutnya dijabarkan kedalam kebijakan pengembangan Proram Studi S2 Ilmu Peternakan 2009-2014. Kebijakan yang ditetapkan dijadikan dasar untuk menyusun program kerja 5 tahun. Selanjutnya Proker  ini di elaborasi menjadi proker tahunan Program Studi S2 Ilmu Peternakan sampai dengan pertengahan 2014.

 

14 Februari 2017 In Profil

1.6. Sejarah Singkat Berdirinya Program Studi Peternakan

Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas didirikan tanggal 1 September 1963, atas ketetapan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) dengan Surat Keputusan No. 125 tanggal 9 Oktober 1963 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 9 Oktober 1963. Berdasarkan urutan pendiriannya Fakultas Peternakan merupakan fakultas keenam dari 15 (lima belas) Fakultas di lingkungan Universitas Andalas. Pendirian Faterna dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu-ilmu pertanian yang dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia dan perluasan Universitas Andalas. Pada awal berdiri sampai dengan tahun 1991 Faterna berlokasi di Kampus Unand Air Tawar, Padang dan sejak Semester Ganjil 1991/1992 pindah ke Kampus Unand di Limau Manis, Padang.

Tahun 1983, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan No. 0125/O/1983, menetapkan 2 (dua) jurusan di Faterna Universitas Andalas yaitu Jurusan Produksi Ternak serta Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak. Masing-masing jurusan mempunyai 1 (satu) program studi yaitu :

  1. Jurusan Produksi Ternak dengan Program Studi Produksi Ternak.
  2. Jurusan Nutrisi & Makanan Ternak dengan Program Studi Nutrisi & Makanan Ternak.

Sejak tahun ajaran 1996/1997 Faterna Universitas Andalas telah menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yaitu Kurikulum Nasional Program Sarjana Ilmu-Ilmu Pertanian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0311/U/1994. Revisi kurikulum berdasarkan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan pasar kerja dilakukan secara periodik.

Jurusan Produksi Ternak berkembang menjadi 3 (tiga) Program Studi Sejak Tahun 1999, yaitu dengan diberikan izin penyelenggaraan Program Studi Teknologi Hasil Ternak dan Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Dengan demikian Faterna Unand memiliki 2 Jurusan dengan 4 Program Studi. Setiap jurusan dipimpin oleh seorang Ketua Jurusan dan dibantu oleh seorang Sekretaris Jurusan. Program Studi dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi dan seorang Sekretaris Program Studi

Semua Program Studi yang diselenggarakan sudah dilakukan akreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Depdiknas tahun 2006 dengan hasil sebagai berikut :

  1. P.S. Produksi Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK. No. 010/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2006 tanggal 3 Agustus 2006
  2. P.S Nutrisi & Makanan Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK. No. 009/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 27 Juli 2006
  3. P.S. Teknologi Hasil Ternak dengan Akreditasi A berdasarkan SK No. 008/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 13 Juli 2006
  4. P.S. Sosial Ekonomi Peternakan dengan Akreditasi A berdasarkan SK No. 009/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2006 tanggal 27 Juli 2006

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 163/Dikti/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi, maka pada Fakultas Peternakan hanya ada satu Program Studi. Didasarkan kepada ketentuan tersebut, maka Faterna Unand melakukan integrasi empat program studi yaitu PS. Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan dan Teknologi Hasil Ternak, menjadi Program Studi Peternakan.

Sesuai dengan kebijakan DIKTI DEPDIKNAS, bahwa program studi yang terakreditasi A dapat membuka program studi yang sama di luar domisili. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Program Studi Peternakan di Kampus II Payakumbuh resmi berdiri dengan SK Pendirian 127/E/O/2012 tertanggal 20 April 2012. Pada Tahun akademik 2012/2013, Program Studi Peternakan Kampus II Payakumbuh mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama.