13 Juli 2017

Padang, 13 Juli 2017.  Inovasi sederhana dari hasil penelitian  "Penggunaan Tenggeran pada Song Learning Ayam Kokok Balenggek" sdh dikembangkan oleh penangkar AKB di Kinantan Bagombak Kota Solok, "dulunya AKB hanya diletakkan di atas tanah sehingga performa berkokok AKB tidak optimal". Setidaknya itulah narasi singkat yang disampaikan oleh Dr. Rusfidra (Dosen Faterna) melalui media sosial (WA) Dosen Faterna, disela-sela waktunya sebagai Sekretaris LPPM Unand.

Benar, Dr. Rusfidra merupakan salah satu Dosen Faterna yang pernah mendapatkan prestasi sebagai "Dosen Berpresati" tingkat Unand, telah cukup lama dan intens meneliti seputar Ayam Kokok Balenggek (AKB) baik Studi akuistik, budidaya dan pemuliaan AKB. Beliau juga sering diundang sebagai Juri dalam kejuaraan Ayam Kokok Balenggek ini yang dilakukan di Kabupaten/Kota Solok. Selain Dr. Rusfidra, ada beberapa dosen Faterna yang juga ikut meneliti AKB ini seperti Prof. Hafil Abas (Purnabakti) dan Dr. Firda Arlina.

Semoga AKB sebagai Plasma Nutfah asli Sumatera Barat terus dikembangkan dan dipertahankan, tentu ini butuh kerjasama berkesinambungan antara Pemda dan Dinas terkait serta Perguruan Tinggi.

10 Juli 2017

Padang, 10 Juli 2017. Universitas Andalas bekerja sama dengan Sekjen Wantannas dan Kementerian Pertanian RI akan melaksanakan Semiloka dengan judul : "Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Lokal untuk Pencapaian Swasembada Daging Sapi dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional", pada 2 Agustus 2017 di Mercure Hotel Padang. Semiloka ini bertujuan untuk :

  1. Mengetahui perkembangan Program Swasembada Daging Nasional dan memberi masukan kepada pemerintah tentang pengembangan peternakan.
  2. Memberikan kontribusi dalam pengembangan ternak sapi  berupa inovasi teknologi pakan, reproduksi produksi,  dan pasca panen
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang telah dikembangkan oleh peneliti-peneliti Perguruan Tinggi dan Lembaga-lembaga penelitian.

Output dari kegiatan ini adalah : Rumusan kebijakan pengembangan sapi nasional untuk memenuhi  tujuan swasembada daging sapi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Peserta seminar terdiri dari, dosen, peneliti, pemerintah pusat dan daerah, pengusaha, serta praktisi peternakan, Jumlah peserta diperkirakan sekitar 100 orang.

Rundown acara dapat didownload dibawah ini:

 

10 Juli 2017

Padang, 7 Juli 2017. Fakultas Peternakan Universitas Andalas mengadakan kegiatan Silaturahmi dan Halal bihalal Keluarga Besar Faterna di Peternakan Convention Center (PCC). Acara dimulai pukul 09.30 WIB yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh sdr Fadli dan dilanjutkan dengan pemberian tausiah agama oleh Ust. Yusparman, S.Ag. Tausiah agama yng diberikan oleh Ust. Yusparman mengingatkan kepada peserta yang hadir untuk terus menjaga silaturahmi dan saling memaafkan kepada seluruh civitas akademika Fakultas Peternakan. Ibaratkan keluarga, tanpa adanya silaturahmi dan hubungan yang harmonis antara suami dengan istri serta anak, maka keluarga tersebut tidak akan akan mendapatkan berkah hidup di dunia dan akhirat. Pada acara tersebut, Fakultas Peternakan juga mengundang para dosen yang telah pensiun seperti Ir. Helmi Muis, Dr. Suslina A.Latief dan dosen sesepuh lainnya, hal ini menunjukkan bahwa silaturahmi tidak hanya dilakukan terhadap dosen dan karyawan aktif, tetapi juga kepada dosen yang telah menikmati masa pensiun.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Peternakan Prof. James Hellyward menyampaikan kata sambutan bahwa kegiatan halal bihalal ini penting dilakukan karena walaupun acara maaf memaafkan Hari Raya Idul Fithri telah didahului melalui pesan elektronik (Whatsup), akan tetapi belum sempurna tanpa tatap muka dan bersalaman. Dekan juga menyinggung beberapa agenda penting yang akan dilakukan oleh Fakultas Peternakan dalam tahun 2017 ini, diantaranya:

  1. Pembahasan tentang profesi insinyur untuk lulusan Fakultas Peternakan
  2. Pertemuan Dekan-Dekan Fakultas Peternakan se-Indonesia (FPPTPI)
  3. Lokakarya Pengembangan Sapi Potong kerjasama Fakultas Peternakan Unand dengan Wantanas yang akan dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2017 di Mercure Hotel Padang.
  4. Prosesi Wisuda III tahun 2017
  5. Dies Natalis Faterna pada bulan Oktober
  6. Semnas III Sapi dan Kerbau pada tanggal 4-5 Oktober 2017
  7. Persiapan FATERNA untuk mendapatkan Akreditasi Internasional "Aun-QA"
  8. Persiapan visitasi Akreditasi Prodi S1 Faterna Padang, Prodi S1 Faterna kampus II Payakumbuh dan Prodi S3 Ilmu Peternakan.

Dekan juga menyampaikan bahwa Fakultas Peternakan mendapatkan bantuan 30 ekor Sapi dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian untuk ditempatkan di Farm UPT Fakultas Peternakan, hal ini dapat meningkatkan objek ternak untuk praktek mahasiswa Fakultas Peternakan. Ini menunjukkan bahwa Fakultas Peternakan Unand merencanakan kedepannya siap dijadikan sentra Peternakan Sapi Lokal dan Peternakan Unggas Lokal unggul.

Diakhir kesempatan, Dekan dan jajarannya (WD1, WD2 dan WD3) mengucapkan meminta maaf kepada seluruh civitas akademika Fakultas Peternakan selama hampir genap 1 tahun dipercaya mengemban amanah di Fakultas Peternakan terdapat beberapa kekurangan yang tidak disengaja dalam pelayanan kegiatan akademis di Fakultas Peternakan Unand. Selanjutnya acara diakhiri dengan pemberian selamat kepada 3 orang dosen dan tenaga pendidik yang akan melakukan ibadah suci ke Mekkah tahun ini yaitu Prof. Mardiati Zain, Ir. Amrizal Anas, dan Efniati (elok), SH. Acara ditutup dengan makan bersama dan pembagian Dorprize.

 

04 Juli 2017

Padang, 3 Juli 2017. Dekan bersama BP-KKN melepas mahasiswa dan DPL untuk melakukan KKN tahun 2017 di daerah yang tersebar di Sumatera Barat. KKN diikuti oleh 4565 mahasiswa dari 15 Fakultas yang akan melakukan pengabdian di 17 Nagari dan 18 Kabupaten di Sumbar. Beberapa dosen Fakultas Peternakan terlibat dalam kegiatan KKN tahun 2017 ini.