14 Juli 2017

Padang, 13 Juli 2017. Fakultas Peternakan Universitas Andalas mendapat kunjungan dari mahasiswa Internasional yang merupakan program Short-time visiting student kerjasama Universitas Andalas dengan Gifu University, Jepang. Mahasiswa master bernama Mizuno Tomofumi merupakan mahasiswa di Applied Science Biological Departement, Gifu University. Mahasiswa tersebut akan ada di Unand dari tanggal 8-6 Juli 2017 dan akan mengikuti Workshop Biomolecular IV di Lab. Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan dari tanggal 10-15 Juli 2017. Mahasiswa tersebut di Supervisori oleh Prof. drh. Hj. Endang Purwati, MS, PhD yang juga merupakan Ketua Program Studi Bioteknologi, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

Workshop tersebut juga diikuti oleh mahasiswa program master dan doktor serta peneliti tentang probiotik halal bidang kesehatan dan peternakan.

13 Juli 2017

Padang, 13 Juli 2017. Fakulltas Peternakan Universitas Andalas kembali menghasilkan Doktor Ilmu Peternakan dengan Judul Disertasi : Optimalisasi Pemanfaatan Kaliandra (Calliandra calothyrsus) sebagai Sumber Tanin untuk Meningkatkan By-Pass Protein dalam Ransum Penggemukan Ternak Domba. Disertasi tersebut berhasil dipertahankan oleh Promovendus dihadapan penguji, promotor dan audien yang hadir di Ruang Sidang Dekanat Lt.2 Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Tim Promotor terdiri dari : Prof. Lili Warly (Ketua), Prof. Novirman Jamarun (Co-Promotor 1) dan Dr. Rusmana WN Ningrat (Co-Promotor 2). Sementara tim Penguji terdiri dari Prof. Mirzah (WD1/mewakili Rektor), Prof. Fauzia Agustin (WD2/mewakili Dekan), Prof. Mardiati Zain, Prof. Khasrad, Dr. Irsan Ryanto, Dr. Afdal (penguji  eksternal dari Univ. Jambi), dan Prof. Zaituni Udin (Moderator/Ketua Prodi S3 Ilmu Peternakan).

Dr. Sri Mulyani merupakan Doktor ke-15 yang dihasilkan oleh Program Studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan sejak Prodi Doktor mulai beroperasi di Fakultas Peternakan Universitas Andalas pada tahun 2015, dan merupakan Doktor ke-50 jika digabung dengan lulusan Doktor Ilmu Ternak di Ilmu-Ilmu Pertanian Program Pascasarjana Unand.

Fakultas Peternakan Universitas Andalas memiliki 24 orang Guru Besar (terbanyak di Unand) dan 61 orang Doktor dari 108 orang Dosen. Para dosen Faterna terkenal paling aktif melakukan riset sehingga banyak mendapatkan skim penelitian/pengabdian (terbanyak di tingkat unand) yang pendanaanya bersumber dari Menristekdikti. Oleh sebab itu Faterna dipercaya oleh Wantanas bersama Kementerian Pertanian mengadakan Lokakarya Pengembangan Sapi Potong yang akan dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2017 di Mercure Hotel Padang.

Acara ditutup dengan pembacaan do'a oleh Dr. Ade Djulardi dan diakhiri dengan foto dan makan siang bersama. Semoga apa yang dihasilkan oleh Dr. Sri Mulyani dapat bermanfaat untuk perkembangan peternakan kedepannya, terutama dalam pemanfaatan Kaliandra (sejenis legum) sebagai pakan ternak ruminansia tidak hanya untuk domba tetapi juga untuk kambing, sapi dan kerbau.

13 Juli 2017

Padang, 13 Juli 2017.  Inovasi sederhana dari hasil penelitian  "Penggunaan Tenggeran pada Song Learning Ayam Kokok Balenggek" sdh dikembangkan oleh penangkar AKB di Kinantan Bagombak Kota Solok, "dulunya AKB hanya diletakkan di atas tanah sehingga performa berkokok AKB tidak optimal". Setidaknya itulah narasi singkat yang disampaikan oleh Dr. Rusfidra (Dosen Faterna) melalui media sosial (WA) Dosen Faterna, disela-sela waktunya sebagai Sekretaris LPPM Unand.

Benar, Dr. Rusfidra merupakan salah satu Dosen Faterna yang pernah mendapatkan prestasi sebagai "Dosen Berpresati" tingkat Unand, telah cukup lama dan intens meneliti seputar Ayam Kokok Balenggek (AKB) baik Studi akuistik, budidaya dan pemuliaan AKB. Beliau juga sering diundang sebagai Juri dalam kejuaraan Ayam Kokok Balenggek ini yang dilakukan di Kabupaten/Kota Solok. Selain Dr. Rusfidra, ada beberapa dosen Faterna yang juga ikut meneliti AKB ini seperti Prof. Hafil Abas (Purnabakti) dan Dr. Firda Arlina.

Semoga AKB sebagai Plasma Nutfah asli Sumatera Barat terus dikembangkan dan dipertahankan, tentu ini butuh kerjasama berkesinambungan antara Pemda dan Dinas terkait serta Perguruan Tinggi.

10 Juli 2017

Padang, 10 Juli 2017. Universitas Andalas bekerja sama dengan Sekjen Wantannas dan Kementerian Pertanian RI akan melaksanakan Semiloka dengan judul : "Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Lokal untuk Pencapaian Swasembada Daging Sapi dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional", pada 2 Agustus 2017 di Mercure Hotel Padang. Semiloka ini bertujuan untuk :

  1. Mengetahui perkembangan Program Swasembada Daging Nasional dan memberi masukan kepada pemerintah tentang pengembangan peternakan.
  2. Memberikan kontribusi dalam pengembangan ternak sapi  berupa inovasi teknologi pakan, reproduksi produksi,  dan pasca panen
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang telah dikembangkan oleh peneliti-peneliti Perguruan Tinggi dan Lembaga-lembaga penelitian.

Output dari kegiatan ini adalah : Rumusan kebijakan pengembangan sapi nasional untuk memenuhi  tujuan swasembada daging sapi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Peserta seminar terdiri dari, dosen, peneliti, pemerintah pusat dan daerah, pengusaha, serta praktisi peternakan, Jumlah peserta diperkirakan sekitar 100 orang.

Rundown acara dapat didownload dibawah ini: