28 Februari 2019

Padang (28/2/2019). Pagi ini Kamis 28 Februari 2019 Dekan Fakultas Peternakan Prof. James Hellyward, IPU mengunjungi Teaching Farm Faterna di UPT Fakultas Peternakan Unand untuk melihat aktifitas dan bercengkrama bersama mahasiswa Fakultas Peternakan dan siswa praktek dari Gunung Tuleh Pasaman. Para mahasiswa dan siswa magang melakukan Clean up kandang dan sapi serta pemotongan rumput unggul. Selanjutnya juga disampaikan oleh Dekan bahwa DOC periode ke lV sdh masuk ke Closed House Teaching Farm Faterna yang merupakan kerjasama Fakultas Peternakan Unand dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. sebanyak 24.000 ekor. Alhamdilillah, berarti sudah ada income generating untuk Universitas Andalas dengan adanya kerjasama ini.  Semoga Fakultas Peternakan Unand sukses selalu.

28 Februari 2019

Padang (28/2/2019). Fakultas Peternakan Universitas Andalas melalui bidang 3 (kemahasiswaan) yang diwakili oleh Wakil Dekan 3 Ir. Amrizal Anas menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas untuk Kampus Padang dan Kampus Payakumbuh pada Kamis, 29 Februari 2019 di Peternakan Convention Center (PCC) Fakultas Peternakan Limau Manis Padang . Kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahun ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas yang nantinya akan berkompetisi di tingkat Universitas. Tim juri yang ditunjuk dalam seleksi mahasiswa berprestasi ini yaitu Prof. Mardiati Zain (Kaprodi S2 Peternakan), Prof. Maria Endo Mahata (Kalab Nutrisi Non Ruminansia/Reviewer LPDP), dan Ir. Irsan Ryanto (Dosen Purna Tugas tahun 2018/Keahlian Nutrisi Ruminansia).

13 Februari 2019

Payakumbuh (Faterna). Wakil Dekan III Fakultas Peternakan yaitu Ir. Amrizal Anas mengunjungi sekretariat BEM KM Faterna Kampus Payakumbuh pada Rabu (13/02/2019). Kegiatan yang dilakukan Wakil Dekan III dalam rangka meninjau kegiatan kemahasiswaan di Kampus Payakumbuh. Walaupun Fakultas Peternakan terdiri dari 2 lokasi yaitu kampus padang dan kampus payakumbuh, Wakil Dekan III menyampaikan bahwa aktifitas kemahasiswaan harus sama baik oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) kampus Padang maupun Kampus Payakumbuh. Karena kualitas dan Fasilitas yang diberikan tetap diupayakan sama pada kedua kampus dan diharapkan kualitas lulusan mahasiswa Fakultas Peternakan kampus Padang dan Payakumbuh sama.

Kedepannya Wadek III menghimbau kepada semua mahasiswa kampus Payakumbuh untuk tetap menjaga semangat dan kekompakan demi menjadikan kampus Fakultas Peternakan Kampus Payakumbuh semakin maju dan berkembang kedepannya.

12 Februari 2019

Bogor (Faterna). Dr. Ir. Jafrinur, MSP terpilih sebagai Anggota Tim Penasehat Himpunan Ilmuwan Peternakan Indonesia (HILPI) periode 2019-2023. Terpilihnya Dr. Jafrinur sebagai tim Penasehat HILPI Pusat merupakan sebuah apresiasi yang patut dibanggakan. Karena jabatan yang diemban, sangat menentukan keberhasilan program HILPI lima tahun kedepan. Pergantian kepengurusan HILPI dilakukan pada Kongres Ke-3 HILPI yang dilaksanakan di IPB International Conference Center, Kampus IPB Baranang Siang, Bogor tanggal 11 Februari 2019.

Berikut rincian kepengurusan HILPI Periode 2019-2023:

  • Ketua Dewan Penasehat: prof. Muladno (IPB)
  • Anggota: Prof. Dr. Komang Wirawan (IPB)
  • Anggota: Prof. David Kaligis (Unsrat)
  • Anggota: Dr. Jafrinur, MSP (Unand)
  • Ketua Umum HILPI: Dr. Syahruddin Said, M. Agr (Lipi)
  • Sekretaris: Dr. Sri Suharti (IPB)
  • Bendahara: Asnath M.Fuah (IPB)

Selamat kepada Dr. Jafrinur, MSP yang terpilih sebagai anggota penasehat HILPI, semoga sukses dalam melaksanakan tugas. Mari perkuat HILPI komda Sumbar.

12 Februari 2019

Payakumbuh (Faterna). Laboratorium Terpadu Fakultas Peternakan Kampus Payakumbuh melaksanakan praktikum pada Senin (11/02/2019). Laboratorium yang diketuai oleh Prof. Khalil merupakan sarana yang disediakan untuk mahasiswa atau dosen dalam mendukung proses pembelajaran di kampus payakumbuh seperti sebagai tempat Penelitian dan Praktikum Mahasiswa. Laboratorium terpadu mulai beroperasi sejak 2 atau 3 tahun yang lalu, yaitu sekitar tahun 2015. "Sejak mulai beroperasi Kampus Payakumbuh pada tahun 2012, laboratorium Terpadu menjadi tumpuan tempat pelaksanaan praktikum ataupun penelitian mahasiswa sampai sekarang" terang Yulianti Fitri Kurnia, salah satu dosen muda Kampus Payakumbuh.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Laboratorium Terpadu kampus Payakumbuh diantaranya:

  1. Analisis proksimat lengkap
  2. Pembuatan tepung, analisis material pakan, dan analisis sederhana lainnya. 

Alat-alat yang ada di Laboratorium terpadu seperti:

  1. Oven
  2. Alat Proksimat
  3. Soklet
  4. Labu Keydal
  5. Lemari Asam
  6. Mikroskop
  7. Alat Titrasi
  8. Tanur

Alat-alat yang ada di Laboratorium terpadu tergolong masih sedikit dan belum terlalu lengkap, dan diharapkan kedepannya peralatan pada Laboratorium Terpadu ini semakin bertambah lengkap.

Selain Laboratorium untuk analisa bahan kimia, Fakultas Peternakan Kampus Payakumbuh juga memiliki Kandang Percobaan untuk pemeliharaan ternak seperti Kandang kelinci dan Puyuh.