Visi & Misi & Tujuan S2

 FALSAFAH, NILAI, PRINSIP DASAR, VISI, MISI DAN TUJUAN

PROGRAM STUDI S2 PETERNAKAN

 

  • LANDASAN FILOSOFIS

Program studi S2 Ilmu Peternakan sebagai penyelenggara program dari lembaga pendidikan  tinggi Program Pascasarjana Universitas Andalas, menyelenggrakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka mejalankan amanat dan cita-cita kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan martabat manusia dan mutu kehidupan berlandaskan iman dan taqwa.

 

  • NILAI-NILAI UTAMA

Dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, civitas akademika pada program studi S2 Ilmu Peternakan wajib menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Etika Moral, keadilan, kejujuran, kearifan dan pengabdian
  3. Keunggulan, kreativitas, inovatif, dinamis dan efisien
  4. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab
  5. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan global

 

  • PRINSIP DASAR

Program studi S2 Ilmu Peternakan Program Pascasarjana UNAND memiliki prinsip dasar yang dikembangkan sebagai berikut:

  1. Aktualisasi nilai-nilai luhur bangsa serta hakikat penyelenggaraan pedidikan tinggi yang dilandasi oleh ; Ilmu amaliah, amal ilmiah.
  2. Mengacu kepada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan dinamis melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

 

2.4. VISI

Menjadi salah satu penyelenggara pendidikan Ilmu Peternakan yang terkemuka di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan kualitas lulusan dan mampu sebagai pelopor dalam pengembangan sumberdaya ternak yang berbasis lokal dengan memanfaatkan bioteknologi, serta berperan pada tingkat nasional maupun internasional.

2.5. MISI

  1. Mengembangkan pendidikan Ilmu Peternakan secara terstruktur dengan kurikulum yang menitikberatkan masalah-masalah peningkatan produktivitas ternak dan penanganannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia yang bertanggungjawab untuk pembangunan Peternakan yang penuh tantangan di daerah tropis.
  2. Melaksanakan penelitian sebagai bagian dari kurikulum dengan fokus pencarian teknologi baru untuk memecahkan berbagai masalah pemanfaatan dan pengelolaan ternak dan bahan pakan untuk Peternakan produktif yang berkelanjutan.
  3. Menyebarluaskan informasi hasil penelitian kepada masyarakat baik nasional maupun internasional mengenai teknologi Peternakan, sehingga terwujud pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.

 

2.6. TUJUAN

  1. Memperluas dan mening Membekali dan menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupannya, sehingga berdisiplin dan bertanggungjawab dalam mencapai kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia untuk pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.
  2. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan yang kuat dalam penguasaan ilmu-Ilmu Peternakan dasar dan terapan, sehingga berkemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan menghasilkan teknologi pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal sebagai landasan pembangunan Peternakan berkelanjutan, dan pembangunan bidang terkait lainnya di daerah tropis, serta secara akademik dapat berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan untuk mengalihkan teknologi pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal kepada masyarakat.
  4. Membekali dan menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan studi ke program S3.katkan jaringan kerjasama.

 

2.7.  SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

  1. Tercapainya lulusan magister Ilmu Peternakan yang unggul, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila melalui pelaksanaan pendidikan yang berkualitas, sehingga berdisiplin dan bertanggungjawab dalam mencapai kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia untuk pembangunan Peternakan yang berkelanjutan.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang Peternakan melalui penguasaan ilmu-ilmu peternakan dasar, terapan dan mutakhir, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Peternakan melalui penelitian dengan memanfaatkan sumberdaya ternak, terutama ternak lokal sebagai landasan pembangunan Peternakan berkelanjutan, dan pembangunan bidang terkait lainnya di daerah tropis.
  3. Tersebarnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Peternakan yang unggul dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ilmiah dan peternak secara luas melalui berperan aktif di tingkat nasional maupun internasional dalam pertemuan ilmiah dan publikasi, dan berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terselenggaranya kegiatan Kerjasama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan dan penelitian ilmu Peternakan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri melalui pendekatan secara individu dan institusi, dan melakukan pengikatan kontrak Kerjasama.

 

 

 

Read 286 times Last modified on Selasa, 28 Februari 2017 11:53