Sarana dan Prasarana Pendidikan

1.1.       Sarana dan Prasarana Pendidikan

Untuk pelaksanaan proses belajar mengajar, Faterna Universitas Andalas dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti ruang kuliah, perkantoran, laboratorium, ruang baca, Unit Farm di Unit Pelaksana Teknis Peternakan, ruang multi media dan lainnya.

 

1.1.1.      Ruang Perkuliahan

Sesuai dengan konsep pelaksanaan perkuliahan yang diterapkan di Unand, Ruang perkuliahan yang tersedia digunakan secara bersama lintas Fakultas dan dikelola oleh Universitas Andalas. Selain itu, pada Fakultas Peternakan juga terdapat sejumlah ruangan yang dapat digunakan untuk kegiatan kuliah dan seminar mahasiswa maupun dosen.

Terdapat 8 ruangan dengan kapasitas 30 orang/ruang yang dikelola oleh fakultas dan terletak di lantai II gedung laboratorium Bagian Ilmu Teknologi Produksi Peternakan dan Bagian Ilmu Nutrisi & Teknologi Pakan. Terdapat 2 ruang di UPT Peternakan dengan kapasitas 40 orang yang digunakan sebagai tempat pelatihan dan juga dapat dimanfaatkan bagi perkuliahan.

1.1.2.      Ruang Perkantoran

Program Studi Peternakan memiliki ruang perkantoran yang berfungsi untuk pelayanan administrasi dan ruang kerja dosen. Ruang perkantoran meliputi ruang Ketua Program Studi, ruang Sekretaris Program Studi, ruang kepala laboratorium dan ruang tenaga kependidikan/administrasi program studi. Setiap dosen Program Studi Peternakan memiliki ruang kerja yang luasnya bervariasi antara 10 m2 – 20 m2.

1.1.3.      Perpustakaan/Ruang Baca

Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan memiliki perpustakaan/ruang baca untuk mendukung UPT Perpustakaan Pusat Universitas Andalas. Koleksi pada ruang baca Fakultas Peternakan berupa buku teks, jurnal, laporan penelitian, skripsi, dan lain-lain berjumlah 7.728 judul dengan jumlah koleksi buku sebanyak 10.180 eksemplar yang terdiri dari berbagai jenis buku disajikan pada Tabel 3.

Tabel 3. Koleksi Perpustakaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas

No

Jenis Buku / Bahan Bacaan

Jumlah Judul

Jumlah (Eks)

1.

Buku Teks

 

 

 

a. Bahasa Inggris

467

748

 

b. Bahasa Indonesia

692

1.278

2.

Jurnal

 

 

 

a. Dalam Negeri

59

353

 

b. Luar Negeri

89

497

3.

Majalah Ilmiah

19

37

4.

Diktat

52

115

5.

Bahan Bacaan Penunjang

106

873

6.

Lap. Penelitian

152

187

7.

Tesis/Disertasi

83

83

8.

Skripsi

6009

6009

 

Jumlah

7.728

10.180

1.1.4.      Unit Pelaksana Teknis (UPT) Peternakan

Untuk menunjang pelaksanaan penelitian dan meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa maupun dosen, Fakultas Peternakan memiliki prasarana dan sarana pendidikan yang dikelola oleh UPT Peternakan. Sarana tersebut terdapat di dua lokasi tempat di Kampus Fakultas Peternakan. Lokasi pertama yang berada di lingkungan laboratorium teknis Faterna dan di sini terdapat kantor UPT dilengkapi dengan Kantor Administrasi. Pada lokasi ini juga disediakan sarana kandang untuk tempat pelatihan, praktek dan penelitian mahasiswa dan dosen. Setiap jenis kandang dilengkapi dengan koleksi ternak sapi, kambing, ayam, itik, puyuh dan kelinci serta koleksi rumput unggul yang multi manfaat bagi mahasiswa, dosen dan umum.

Lokasi kedua UPT Peternakan terletak ± 750 m dari lokasi gedung Fakultas Peternakan dengan lahan seluas lebih kurang 25 Ha. Sarana ini berfungsi untuk memberikan pendidikan lapangan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola ternak dan padang pengembalaan serta pembibitan rumput unggul. Adapun jenis ternak yang dipelihara pada UPT ini adalah : Sapi Potong, Sapi Perah, Kambing, Ayam dan Aneka Ternak. Selain pemeliharaan ternak, pada UPT ini juga juga merupakan tempat pengembangan Hijauan Makanan Ternak.

1.1.5.      Sarana Penunjang lainnya

Disamping sarana dan prasarana pendidikan di atas, Fakultas Peternakan Universitas Andalas juga memiliki sarana penunjang pendidikan dan peningkatan penalaran seperti :

  1. Gazebo dengan fasilitas wifi 2 unit
  2. Mushalla Al-Baqarah seluas 12 m x 18 m
  3. Lapangan olahraga 2 unit (Volly Ball dan Bulutangkis)
  4. Kafetaria sebanyak 3 unit.
  5. Lapangan Parkir

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 637 times Last modified on Kamis, 09 Februari 2017 11:18