Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Peternakan

FALSAFAH, NILAI, PRINSIP DASAR, VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS PETERNAKAN

  1. Landasan Filosofis

Fakultas Peternakan sebagai lembaga pendidikan  tinggi yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, ikut berperan dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka menjalankan amanat dan cita-cita kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan martabat serta mutu kehidupan manusia berlandaskan iman dan taqwa.

  1. Nilai-Nilai Utama

Dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, civitas akademika Fakultas Peternakan menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Etika, moral, keadilan, kejujuran, integritas, kearifan dan berdedikasi tinggi
  3. Unggul, kreatif, inovatif, dinamis, akuntabel dan efisien
  4. Kepeloporan, kemandirian, dan bertanggung jawab
  5. Keterbukaan, manusiawi, berwawasan nasional dan global
  6. Independen, bebas dari kepentingan atau pengaruh pihak lain

Implementasi Renstrabis Fakultas Peternakan dan pencapaian tujuan strategis (strategic goals)nya harus berpedoman kepada prinsip dasar dan nilai-nilai inti yang membangun filosofi fakultas. Nilai-nilai inti tersebut menjadi kerangka acuan dalam berbuat atau bertindak oleh segenap masyarakat Fakultas Peternakan. Filosofi organisasi merupakan code of conduct yang diturunkan dari nilai-nilai inti Fakultas Peternakan, dan menjadi pedoman dalam kehidupan lingkungan organisasi.

  1. Prinsip Dasar 

Fakultas Peternakan UNAND memiliki prinsip dasar yang dikembangkan sebagai berikut :

  1. Aktualisasi nilai-nilai luhur bangsa serta hakikat penyelenggaraan pedidikan tinggi yang dilandasi oleh: Ilmu amaliah, dan amal ilmiah.
  2. Mengacu kepada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan dinamis melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

      4. Visi 

Sesuai dengan perkembangan Universitas Andalas dan pembangunan Peternakan ke depan, maka visi Fakultas Peternakan menuju tahun 2018 yaitu:  “Menjadi fakultas yang menghasilkan lulusan berdaya saing nasional menuju internasional dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa”.

      5. Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan IPTEKS, membangun sikap dan meningkatkan keterampilan dalam bidang Peternakan, sehingga menghasilkan lulusan yang mandiri, mempunyai kompetensi di bidangnya dan berdedikasi tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapan dalam bidang peternakan serta mempublikasikannya dalam jurnal nasional dan internasional untuk menunjang pengembangan IPTEKS dan pembangunan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menyebarluaskan IPTEKS dalam bidang peternakan yang telah dikuasai maupun dihasilkan melalui penelitian.
  4. Membangun jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintah dan swasta baik dalam, maupun luar negeri dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Membangun organisasi Fakultas Peternakan untuk menciptakan suasana yang kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

     6. Tujuan 

  1. Meningkatkan peran Fakultas Peternakan dalam hal peningkatan pemerataan dan akses pendidikan tinggi, sehingga lulusan dapat berkiprah di kancah nasional dan internasional baik di sektor swasta maupun pemerintahan.
  2. Meningkatkan peran serta sivitas akademika dalam menggali dan mengembangkan IPTEKS di bidang peternakan.
  3. Meningkatkan peran serta sivitas akademika dalam menyebarluaskan IPTEKS di bidang peternakan kepada masyarakat.
  4. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam, maupun di luar negeri dalam rangka pengembangan IPTEKS di bidang peternakan.
  5. Menerapkan organisasi yang efisien dalam menunjang suasana yang kondusif untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

      7. Sasaran 

  1. Tercapainya lulusan bidang Peternakan dan Ilmu Peternakan yang unggul, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang unggul di bidang Peternakan.
  3. Tersebarluasnya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang Peternakan yang unggul dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ilmiah dan peternak secara luas.
  4. Terselenggaranya kegiatan Kerjasama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan dan penelitian ilmu Peternakan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri.
  5. Terciptanya organisasi institusi Peternakan yang kuat dalam memberikan pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

      8. Strategi Pencapaian 

  1. Pelaksanaan pendidikan yang berkualitas, berdisiplin dan bertanggungjawab dilandasi iman dan taqwa dalam mencapai kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pengembangan sumberdaya manusia untuk pembangunan peternakan yang berkelanjutan.
  2. Penguasaan ilmu-ilmu peternakan dasar, terapan dan mutakhir serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan melalui penelitian. Penelitian ini memanfaatkan sumberdaya lokal, terutama ternak dan pakan lokal sebagai landasan pembangunan peternakan berkelanjutan dan pembangunan bidang terkait lainnya di daerah tropis.
  3. Penyebaran ilmu pengetahuan dengan berperan aktif dalam pertemuan ilmiah dan publikasi di tingkat nasional maupun internasional serta berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pendekatan secara individu dan institusi dan melakukan pengikatan kontrak kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri.
  5. Peningkatan kemampuan organisasi dalam memberikan pelayanan administrasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi, misi, dan tujuan disusun berdasarkan rencana strategis Fakultas Peternakan dan selaras dengan visi, misi dan tujuan Universitas Andalas, berorientasi ke masa depan dan memegang nilai-nilai budaya dan nilai-nilai dasar pendidikan tinggi.

Profil lulusan Fakultas Peternakan adalah kewirausahaan, pendidik dan peneliti, teknokrat dan komunikator

 

Read 1170 times Last modified on Kamis, 31 Oktober 2019 17:02