Sejarah S2

KONDISI UMUM DAN ARAH KEBIJAKAN PENGEMBANGAN

PROGRAM STUDI S2 ILMU PETERNAKAN

 

  • KONDISI UMUM PROGRAM STUDI S2 ILMU PETERNAKAN

Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Universitas Andalas berdiri sejak 27 Oktober 1992, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 481/Dikti/Kep/1992. Program Studi ini merupakan Program Studi kedua pada Program Pascasarjana Universitas Andalas.  Sebelumnya Program Studi S2 Ilmu Peternakan bernama Program Studi Ilmu Ternak, dan sejak tahun 2007 melalui SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007 tentang penataan ulang Program Studi di Fakultas Peternakan yaitu sejak dileburnya 4 program studi S1 menjadi 1 program studi yaitu Program Studi S1 Peternakan, maka program studi magister disebut dengan Program Studi S2 Ilmu Peternakan.

Sampai saat ini perkembangan Program Studi S2 Ilmu Peternakan ini masih belum mengalami perkembangan sesuai dengan yang diharapkan. Permasalahan pada saat ini adalah masih rendahnya peminat masuk program studi S2 Ilmu Peternakan setiap tahun. Sementara itu kapasitas dan kualitas dosen, tenaga kependidikan dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar tersedia secara memadai. Dalam menyikapi permasalahan tersebut, maka diperlukan langkah positif, dan konstruktif yang sistematis untuk dapat lebih berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Salah satu upaya meningkatkan jumlah peminat adalah dengan selalu melakukan promosi mengenai kapasitas yang dimiliki oleh program studi S2 Ilmu Peternakan ini dan perannya dalam pengembangan sumberdaya manusia dan pembangunan peternakan yang berkualitas melalui iklan di koran, website, spanduk dan roadshow. Disamping itu juga dilakukan Kerjasama dengan pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan kemampuan staf yang dimilikinya di bidang ilmu Peternakan melalui penawaran pendidikan pada program studi S2 Ilmu Peternakan.

Program studi S2 Ilmu Peternakan ke depan ingin berperan lebih aktif lagi dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia bidang Peternakan yang handal dan mampu bersaing di tingkat nasional.  Disamping itu program studi juga menginginkan keterlibatan yang intens dari sumberdaya manusia yang dihasil program studi ini untuk berperan lebih aktif dalam menggali potensi sumberdaya Peternakan lokal yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan dalam pembangunan Peternakan di Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan keinginan tersebut maka disusunlah Rencana Strategis Program Studi S2 Ilmu Peternakan tahun 2009 sampai 2014. Rencana strategis menyajikan permasalahan, faktor pendukung, tujuan strategis, strategi pengembangan, arah kebijakan umum dan program pembangunan peternakan. Dengan demikian diharapkan Rencana Strategis ini dapat menjadi acuan dalam penyelenggaraan Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Universitas Andalas lima tahun ke depan.

  • Arah Kebijakan Pengembangan

Untuk mewujudkan Visi Program Studi S2 Ilmu Peternakan, Program Pascasarjana, Unand menjadi salah satu Program Studi S2 Ilmu Peternakan Yang Terkemuka di Indonesia, maka Program Studi S2 Ilmu Peternakan telah melakukan berbagai upaya dengan menyusun program kerja 5 tahun maupun program kerja 1 tahun, yang merupakan kelanjutan dari Rencana Strategis Program Studi S2 Ilmu Peternakan tahun 2004 – 2008.

Pada tingkat Universitas Andalas, pengelolaan anggaran sudah berobah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) mulai tahun anggaran 2009.  Renstra ini disusun berdasarkan  kebijakan dasar Universitas Andalas pada Renstra Bisnis Universitas   2009 – 2013. Pada Renstra tersebut ditetapkan bahwa Unand untuk periode 2009 – 2013 memiliki   8 (delapan) program strategis dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu : (1) Menghasilkan lulusan yang beradaya saing global, mempunyai spirit kewirausahaan dan mendapat penghargaan dari dunia kerja; (2) Meningkatkan daya tampung dalam rangka pemerataan dan peningkatan akses pendidikan Tinggi; (3) Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan  teknologi dan seni; (4) Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan, hasil penelitian dan bahan ajar kepada masyarakat; (5) Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintah/swasta di dalam dan luar negeri; (6) Mewujudkan masyarakat kampus yang handal dan professional yang didukung oleh budaya ilmiah ; (7) Meningkatkan mutu fasilitas, parasarana, sarana dan teknologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional dan internasional serta mewujudkan kondisi akademik yang kondusif; dan (8) meningkatkan pendapatan yang berkelanjutan.

Selain merujuk kepada Renstra Unand, penyusunan Renstra Program Studi S2 Ilmu Peternakan ini juga berdasarkan kepada 3 (tiga ) isu stretegis yang tertuang pada dokumen HELTS (Higher Education Long Term Strategi) 2003-2010 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas yaitu : (1) Daya Saing Bangsa; (2) Otonomi dan Desentralisasi dan (3) Kesehatan Organisasi.

Penyusunan Rencana Strategis Proram Studi S2 Ilmu Peternakan 2009-2014 ini diawali dengan melakukan evaluasi diri untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan untuk mengidendifikasi Isu Strategis. Isu-Isu  Strategis tersebut selanjutnya dijabarkan kedalam kebijakan pengembangan Proram Studi S2 Ilmu Peternakan 2009-2014. Kebijakan yang ditetapkan dijadikan dasar untuk menyusun program kerja 5 tahun. Selanjutnya Proker  ini di elaborasi menjadi proker tahunan Program Studi S2 Ilmu Peternakan sampai dengan pertengahan 2014.

 

Read 384 times