Visi,Misi& Tujuan S1 Payakumbuh

STANDAR 1. VISI, MISI, TUJUAN, DAN STRATEGI PENCAPAIAN 1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

 

1.1.1   Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran prodi serta pihak-pihak yang dilibatkan.

 

Program Studi (PS) Peternakan Kampus II Payakumbuh didirikan berdasarkan SK Izin Operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI No 127/E/O/2012 tanggal 20 April 2012. Visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian PS Peternakan Kampus II Payakumbuh disusun melalui rapat yang melibatkan pimpinan fakultas, program studi, bagian, dosen, tenaga kependidikan, dan stakeholders bersamaan dengan penyusunan kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan ilmu peternakan dan standar yang dituntut pasar kerja.

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran PS Peternakan Kampus

 

  • Payakumbuh adalah melalui :

 

  1. Rapat dewan dosen, yang melibatkan seluruh sivitas akademika PS studi (dosen, tenaga kependidikan, stakeholders (pengguna lulusan), dan pemerintah daerah Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota.

 

  1. Mengkaji kompetensi lulusan berdasarkan standar lokal, nasional ataupun internasional.
  2. Mempedomani visi, misi dan tujuan Fakultas Peternakan dan Universitas Andalas.
  3. Diskusi/rapat dengan pemangku kepentingan.

 

Visi dan misi PS akan dicapai pada tahun 2019 sebagai penjabaran dari visi misi Fakultas Peternakan dan Universitas Andalas. Hal ini terlampir pada Renstra Bisnis Fakultas Peternakan.

 

1.1.2. Visi

 

Menjadi Prodi Peternakan yang unggul melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka mendukung daya saing peternakan rakyat untuk menghadapi kompetisi global pada tahun 2019.

 

1.1.3. Misi

 

Untuk menjabarkan visi tersebut demi mewujudkan pendidikan bidang peternakan yang mampu membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif dengan berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal dan nasional, maka PS menyusun misi sebagai berikut:

 

 

BAN-PT: Borang Akreditasi Program Studi Peternakan Kampus II Payakumbuh Unand, 2017                                4

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang peternakan yang unggul dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermoral, berorientasi sumber daya lokal dengan kompetensi global.

 

  1. Menyelenggarakan riset dibidang peternakan berorientasi sumberdaya lokal dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan ilmu dan teknologi dalam rangka peningkatan daya saing peternakan rakyat.
  3. Mendukung misi pemerintah daerah untuk menjadikan Payakumbuh dan daerah sekitarnya sebagai sentra peternakan nasional.

 

1.1.4. Tujuan

 

Tujuan dari Prodi Peternakan Kampus II Payakumbuh:

 

  1. Menghasilkan sarjana peternakan yang unggul dan bermoral, memiliki kompetensi global yang berorientasi sumberdaya lokal.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan inovasi teknologi berorientasi sumberdaya lokal secara optimal dan berkelanjutan.
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan daya saing peternakan rakyat
  4. Meningkatkan minat masyarakat untuk mendalami ilmu dan teknologi dan membangun profesi bidang usaha yang terkait dengan peternakan untuk menciptakan peluang kerja dan ketahanan pangan.

 

Read 774 times