11 Februari 2019 In Berita

Padang (Faterna Unand). Sebanyak 25 ekor Sapi Bantuan Wakil Presiden Republik Indonesia telah sampai di Fakultas Peternakan Universitas Andalas pada Sabtu, 9 Februari 2019, pukul 21.00 WIB. Sapi-sapi tersebut dibawa dari BPTU-HTP Padang Mengatas Payakumbuh ke UTP Farm Experience Fakultas Peternakan Kampus Unand Limau Manis Padang. Proses pengangkutan berlangsung dari pukul 13.00 WIB menggunakan truk sapi dan di kawal oleh Voorijder dari Pihak Kepolisian untuk keamanan selama perjalanan.

Sapi bantuan Wapres RI untuk Faterna Unand sebanyak 25 ekor terdiri dari :
1. Simental jantan      =  3 ekor
2. Simental betina      =  5 ekor
3. Sapi Pesisir jantan   =  2 ekor
4. Sapi pesisir betina   = 15 ekor

Bantuan sapi ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Dekan Faterna Unand Prof. James Hellyward dengan Wakil Presiden RI yang bernama lengkap Dr.(H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla pada tahun 2017. Bantu sapi ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Fakultas Peternakan Universitas Andalas, baik dosen maupun mahasiswa, untuk media pembelajaran dan penelitian.

Kedepannya diharapkan dengan bantuan ini, Fakultas Peternakan Universitas Andalas dapat melaksanakan amanat Wapres RI dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional terutama terhadap penyediaan sapi unggul (Simmental) dan sapi lokal (sapi pesisir) untuk wilayah sumatera bagian tengah. Sapi Simmental sudah lama dibudidayakan oleh masyarakat Sumatera Barat dan menjadi unggulan oleh peternak-peternak lokal bahkan dinas-dinas terkait sudah membuat acara rutin tahunan seperti kontes ternak yang bertujuan untuk memperagakan sapi-sapi hasil peliharaan masyarakat yang memiliki bobot teritinggi. Sedangkan Sapi Pesisir, merupakan plasma nutfah Sumatera Barat yaitu sapi lokal yang berasal dari daerah Pesisir selatan, yang kualitasnya tidak kalah sama sapi Bali.