08 Februari 2019 In Berita

Padang, 6 Februari 2019. Para Calon Dosen Fakultas Peternakan untuk Kampus Payakumbuh telah melakukan pertemuan dengan para pimpinan Fakultas Peternakan Unand. Kegiatan yang dihadiri oleh 13 orang Calon dosen Faterna Kampus Payakumbuh ini disambut oleh pimpinan Fakultas diantaranya Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Ketua Prodi Kampus Payakumbuh, Ketua Tata Usaha, dan Kabag Akademik.

Kegiatan diisi dengan perkenalan masing-masing para calon dosen, dan pengarahan dari masing-masing pimpinan. Dekan, Prof. James Hellyward, menyampaikan pesan kepada para calon dosen untuk tetap menjaga etika, sopan santun, dan tegur sapa dengan para dosen senior. Dekan juga menghimbau untuk segera melanjutkan kuliah ke luar negri sehingga bisa mendapatkan jenjang pendidikan tertinggi yaitu Doktor. Wakil Dekan I, Prof. Mirzah, menyampaikan kondisi terkini tentang sistem pendidikan di Fakultas Peternakan Unand baik yang di kampus padang, maupun kampus Payakumbuh. Kurikulum yang digunakan sudah menggunakan KKNI dan Akreditasi beberapa Porgram Studi dibawah naungan Fakultas Peternakan tidak lupa dijabarkan, yaitu Prodi S1 Padang dengan Akreditasi A, Prodi S1 Payakumbuh terkareditasi B, Prodi S2 terakreditasi A, dan Prodi S3 terakreditasi B. WD I dan juga Kaprodi Payakumbuh, Ir. Erpomen, menyampaikan amanat kepada para calon dosen kampus payakumbuh untuk bersama-sama membuat akreditasi Prodi S1 kampus Payakumbuh naik peringkat dari B ke A. 

Wakil Dekan II, Pro. Fauziah Agustin, juga menyampaikan beberapa informasi kepada calon dosen untuk menyiapkan beberapa syarat terkait dengan kelengkapan administrasi keperluan di kepegawaian, seperti biodata diri, fotocopy ijazah dan transkrip, NPWP, dan lain sebagainya. Bahan ini akan sangat dibutuhkan terutama untuk pembuatan BPJS, pengurusan fungsional dan lain sebagainya. Ditambahkan oleh KTU dan Kabag Akademik, bahwa setiap administrasi segera dilengkapi setelah pengumuman resmi kelulusan sudah dikeluarkan BKN atau Panselnas CPNS Kemenristekdikti. KTU juga mengisyaratkan kepada calon dosen untuk membaca tata tertib kepegawaian sehingga tidak salah langkah kedepannya. Seperti, melanjutkan Studi S3 setelah yang bersangkutan sudah berstatus PNS bukan CPNS lagi. Bagi yang sudah Doktor, biasanya ada penyetaraan ijazah sekitar 2 tahun sejak pengangkatan.

Para calon Dosen sekarang masih menunggu hasil keputusan resmi oleh panselnas tentang kelulusan. Proses seleksi sedang dalam tahap pemberkasan, jika tidak ada kendala, penerbitan NIP akan dilakukan oleh BKN dan informasinya pada awal Maret sudah TMT. Agenda selanjutnya akan dilakukan perkenalan calon dosen ke semua staf dosen dan karyawan baik di kampus padang, maupun kampus payakumbuh.